Scroll untuk baca artikel
Jasa Pembuatan Website dan Jasa Maintenance Website Murah
DaerahSemarang

Perayaan HUT ke-477 Kota Semarang, Ada Semarang Night Carnival hingga Nonton Bareng Timnas U-23

27
×

Perayaan HUT ke-477 Kota Semarang, Ada Semarang Night Carnival hingga Nonton Bareng Timnas U-23

Sebarkan artikel ini
Perayaan HUT Kota Semarang. (Ist)

SEMARANG, Kabarnusa.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menggelar rangkaian resepsi dan puncak peringatan Hari Jadi ke-477 Kota Semarang di Simpang Lima.

Akan ada berbagai acara, mulai dari penyelenggaraan Semarang Introducing Market (SIM), Semarang Night Carnival (SNC) termasuk Nonton Bareng (Nobar) Timnas U-23 memperebutkan posisi ke tiga Piala AFC.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Semarang yang diperingati pada 2 Mei 2024 akan dimulai dengan upacara di Halaman Balai Kota Semarang.

Selanjutnya, kata Mbak Ita, sapaan akrabnya, pada 2 Mei malam akan digelar Nonton Bareng (Nobar) Timnas U-23 Indonesia melawan Iraq di Lapangan Pancasila Simpang lima Semarang.

Rangkaian Hari Jadi Kota Semarang selanjutnya, yakni penyelenggaraan Semarang Introducing Market (SIM) pada Jumat 3 Mei 2024.

“Saya minta agar event-event itu bisa dikolaborasikan, jangan ‘pretil-pretil’ (kecil-kecil). Seperti Semarang Introducing Market itukan ‘gawe’-nya Dinas Koperasi dan UMKM, sedangkan Semarang Night Carnival kegiatannya Disbudpar,” ujar Mbak Ita, Rabu.

Awalnya, lanjut dia, penyelenggaraan Semarang Introducing Market berada di bantaran Sungai Banjir Kanal Barat (BKB) dan berlangsung pada 29 Mei 2024.

“Akhirnya kita rapatkan, bongkar bersama, dan Alhamdulillah bisa digabung SNC dan SIM. Di sela SIM pada 3 Mei sore akan ada masak besar bersama Chef Bobon. Itu kan (hasil) masak besar bisa dimanfaatkan, hasilnya bisa diberikan kepada masyarakat maupun anak-anak panti dan sebagainya,” sebut Mbak Ita.

Tak hanya itu, kata Mbak Ita, di Simpang lima juga akan ada banyak pelaku UMKM dari 16 kecamatan maupun dari komunitas yang tergabung dalam ekonomi kreatif, mengikuti acara bazar.

Puncak resepsi Hari Jadi Kota Semarang yakni perhelatan Semarang Night Carnival yang berlangsung pada Sabtu (4/5) mulai pukul 18.30 WIB.

“SNC start dari Balai Kota Semarang dengan total 150 peserta defile. Ada drum band dari Akpol dan SMPN 1 Semarang yang akan mengawali rombongan. Saya sangat mengapresiasi anak-anak bahkan OPD yang akan menampilkan defile empat kostum di SNC kali ini,” kata dia.

Pada pagi harinya, akan ada masak dan senam bersama para ibu-ibu PKK dan masyarakat di area Car Free Day (CFD). “Kegiatan-kegiatan ini bisa dimanfaatkan masyarakat sehingga ekonomi Kota Semarang bisa terus tumbuh,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, R Wing Wiyarso mengatakan, ada yang berbeda antara SNC pada tahun ini dengan sebelumnya.

Menurut dia, seperti tahun-tahun sebelumnya, SNC ini merupakan rangkaian dan puncak acara peringatan Hari Jadi Kota Semarang. Melihat antusias masyarakat yang sangat tinggi pada setiap penyelenggaraan SNC, sehingga berpusat di Simpang Lima.

“Saran Bu Wali Kota, kita lakukan flight off atau pemberangkatan defile dari Balai Kota Semarang menuju Tugu Muda, Pandanaran, dan Finish di Simpang Lima,” jelas Wing.

Wing menjelaskan, jika Semarang Night Carnival tahun ini mengambil tema Niscala 2024. Niscala sendiri dalam bahasa Sansekerta artinya kuat dan kokoh.

Ada empat konsep yang akan ditampilkan dalam Semarang Night Carnival, yakni Rewandha, Elang Jawa, Warak Ngendog dan Barongsai. “Keempatnya ini merupakan ikon kota Semarang,” imbuhnya.

Rangkaian karnaval itu juga akan dimeriahkan oleh Drum band Cendrawasih yang digawangi oleh taruna Akademi Kepolisian. Selain itu, ada juga wayang orang yang menjadi simbol seni tradisional Indonesia.

“Konsepnya ini memang kita persiapkan, kita ubah dari tahun sebelumnya. Termasuk tampilan-tampilannya. Kami juga siapkan Wayang On The Street, kita angkat sebagai hiburan penutup di resepsi Hari Jadi Kota Semarang. Di awal acara akan ada opera yang berkaitan dengan tema besar yakni Niscala,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Jasa Pembuatan Website dan Jasa Maintenance Website Murah