Scroll untuk baca artikel
Jasa Pembuatan Website dan Jasa Maintenance Website Murah
BrebesDaerahJawa Tengah

Sambut Ramadhan, Warga Jatisawit Bumiayu Bersihkan Lingkungan dan Pemakaman

78
×

Sambut Ramadhan, Warga Jatisawit Bumiayu Bersihkan Lingkungan dan Pemakaman

Sebarkan artikel ini
Warga Desa Jatisawit, Bumiayu, Kabupaten Brebes bergotong royong kerja bakti membersihkan lingkungan. (WB)

BREBES, Kabarnusa.id – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah, warga Desa Jatisawit Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes bergotong royong kerja bakti membersihkan lingkungan dan Tempat Pemakaman Umum (TPU), Minggu (10/3/2024).

Tradisi bersih-bersih makam menjelang bulan Ramadhan bukan hanya upaya sekedar fisik membersihkan pemakaman, tetapi mempunyai makna dan nilai budaya di tengah masyarakat.

Kegiatan ini bentuk penghormatan, pengingatan bagi para leluhur serta anggota keluarga yang sudah meninggal.

Disisi lain, kegiatan gotong royong/kerja bakti ini memperkuat rasa solidaritas dan kerukunan antar warga serta menunjukkan nilai -nilai kebersamaan, serta menciptakan ikatan sosial yang erat ditengah-tengah masyarakat.

Kepala Desa Jatisawit, Dedi Susilo Wibowo, S.Pd menyampaikan, ini merupakan salah satu program Pemerintah Desa Jatisawit tentang perilaku hidup bersih dan sehat. Adapun tema kegiatan kali ini “Bersih Lingkungan dan Pemakaman Serentak Menyambut Bulan Suci Ramadhan Tahun 1445 H”.

“Kegiatan bersih-bersih lingkungan dan makam (kuburan), ini kita laksanakan setiap tiga bulan sekali, serta sudah menjadi tradisi atau kebiasaan ditengah warga yang harus kita lestarikan dan pertahanan, setiap menyambut datangnya bulan suci Ramadhan,” ungkap Dedi Susilo Wibowo.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan menumbuhkan rasa gotong royong dan kepedulian terhadap lingkungan. Dengan moto “Resik Kaline Resik Desane Sehat Wargane”, Desa Jatisawit tahun 2023 menjadi juara 1 dalam ajang kebersihan tingkat Kabupaten Brebes. (WB)

Tinggalkan Balasan

Jasa Pembuatan Website dan Jasa Maintenance Website Murah