Scroll untuk baca artikel
Jasa Pembuatan Website dan Jasa Maintenance Website Murah
HeadlineiGovJawa Tengah

Pangdam IV/Diponegoro Dorong Inovasi Program Budidaya Pisang Cavendish di Kebumen

69
×

Pangdam IV/Diponegoro Dorong Inovasi Program Budidaya Pisang Cavendish di Kebumen

Sebarkan artikel ini
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, SIP, MSi, kunjungan kerja meninjau perkembangan budidaya pisang Cavendish, di Desa Tunjungseto, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Rabu (15/5/2024). Foto : Dok Pendam IV/Diponegoro

KEBUMEN, kabarnusa,id Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, SIP, MSi, kunjungan kerja meninjau perkembangan budidaya pisang Cavendish, sekaligus mendukung program ketahanan pangan nasional di Desa Tunjungseto, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Rabu (15/5/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam IV/Diponegoro menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Kodim 0709/Kebumen dengan PT Cipta Agri Pratama terkait Budidaya Pisang Cavendish.

Mayjen TNI Deddy Suryadi optimis, bahwa kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, stakeholder terkait dan TNI dengan petani, akan membuka peluang dan inovasi dalam pengembangan produk hortikultura seperti pisang Cavendish. Kolaborasi ini diharapkan dapat mendukung program-program ketahanan pangan nasional, menuju Indonesia Emas pada tahun 2045.

“Kolaborasi ini merupakan langkah nyata dalam memperkuat ketahanan pangan dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Kami, Kodam IV/Diponegoro berkomitmen penuh, mendukung seluruh program pemerintah dalam rangka mencapai tujuan tersebut,” terang Pangdam.

Selain meninjau kebun pisang Cavendish, Pangdam juga memberikan bantuan sembako kepada 500 masyarakat sekitar kebun. Bantuan ini diharapkan, dapat meringankan beban masyarakat di tengah situasi ekonomi yang penuh tantangan.

Budidaya pisang Cavendish di Kebumen mencakup 9 desa yang tersebar di 5 kecamatan dengan total lahan seluas 20 hektar dan jumlah bibit sebanyak 34.000. Program ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani serta memperkuat ketahanan pangan di wilayah Kebumen.

Setelah peninjauan kebun pisang, agenda dilanjutkan dengan kunjungan ke Makodim 0709/Kebumen. Di Makodim, Pangdam meresmikan Masjid Al-Arif Kodim 0709/Kebumen dan memberikan pengarahan kepada personel Kodim 0709/Kebumen.

Kegiatan ini menegaskan komitmen Pangdam IV/Diponegoro dalam mendukung program pemerintah dan membangun sinergi yang kuat antara TNI dan masyarakat, untuk kesejahteraan bersama.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Danrem 072/Pmk Brigjen TNI Zainul Bahar S.H., M.Si., Para Asisten Kasdam IV/Dip, Kapendam IV/Dip, Bupati,  Kebumen beserta seluruh Pejabat Forkopimda Kebumen,  Wadansecata Rindam IV/Dip,  Direktur PT Cipta Agri Pratama dan para Gapoktan di wilayah Kab. Kebumen.

Tinggalkan Balasan

Jasa Pembuatan Website dan Jasa Maintenance Website Murah