Scroll untuk baca artikel
Jasa Maintenance Website Murah
HeadlineReligiSemarang

Hari Tasrik Pertama Idul Adha 1445 H, Unimus Sembelih 10 Sapi dan 15 Kambing

171
×

Hari Tasrik Pertama Idul Adha 1445 H, Unimus Sembelih 10 Sapi dan 15 Kambing

Sebarkan artikel ini
Pada hari Tasrik Pertama Idul Adha 1445 H, Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menyembelih hewan qurban sebanyak 10 sapi dan 15 kambing dari para sohibul kurban, di Halaman Lab Hewan Coba Unimus, Selasa (18/6/2024). Foto : Dok Ist

SEMARANG, kabarnusa.idPada hari Tasrik Pertama Idul Adha 1445 H, Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menyembelih hewan qurban sebanyak 10 sapi dan 15 kambing dari para sohibul kurban, di Halaman Lab Hewan Coba Unimus, Selasa (18/6/2024).

Rektor Unimus Prof. Masrukhi menyampaikan ucapan syukur Alhamdulillah, bahwa di hari Tasyik yang pertama, yang bertepatan pada 11 DzulHijjah 1445 H, Unimus diamanati untuk melakukan penyembelihan Hewan Kurban yang berasal dari para shohibul Kurban, yang mempercayakan penyembelihannya di kampus Unimus.

“Alhamdulillah hari ini Unimus melakukan penyembelihan hewan kurban di tanggal 11 Dzulhijah 1445 H, hari pertama tasrik dan bisa menghimpun 10 Sapi dan 15 Kambing. Dimana 3 Ekor Sapi kami potong melalui Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah (PWM Jateng) untuk dijadikan Rendang MU, yakni berupa makanan kaleng yang dimaksudkan untuk ketahanan pangan masyarakat, terutama saat terjadi bencana alam, disuguhkan kepada korban bencana sebagai makanan yang siap saji. Sedangkan 7 Ekor Sapi dan 15 Ekor Kambing dipotong di kampus Unimus untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat di sekitar kampus dan keluarga besar unimus,” jelas Prof. Masrukhi dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu, Rektor Unimus juga berpesan, bahwa ritual qurban merupakan bagian dari refleksi ketaqwaan kepada Allah SWT. Untuk mengimplementasikan ketaqwaan salah satunya dengan melaksanakan penyembelihan hewan kurban, tentunya bagi yang sudah mampu.

Hewan qurban yang dieksekusi pada hari Tasrik Pertama Idul Adha 1445 H, di Universitas Muhammadiyah Semarang, Selasa (18/6/2024). Foto : Dok Ist

“Sudah tentu kita menghayati betul makna daripada berkurban, salah satunya sebagai refleksi ketaqwaan kepada Allah SWT. Karena Kurban itu bukan berarti menyerahkan kambing, darah atau dagingnya, melainkan sebagai bentuk ketaqwaan kepada-Nya, karena hal ini merupakan salah satu perintah Allah yang sudah ada didalam Al-Quran. Maka sudah tentu sebagai hamba yang bertaqwa cara untuk mengimplementasikan ketaqwaan salah satunya dengan melaksanakan penyembelihan hewan kurban, tentunya bagi yang sudah mampu,” pesannya.

Dalam pembukaan kegiatan penyembelihan dibuka oleh Rektor Unimus, Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd didampingi oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Budi Santosa, M.Si.,Med, Wakil Rektor II Dr. Hardiwinoto, M.Si, Wakil Rektor IV M. Yusuf, Ph.D, Kepala LSIK dan MKU Dr. Rochdi Warsono, M.Si serta panitia penyembelihan Hewan Kurban Unimus serta kepala Bank Rekanan (BSI dan Bank Jateng Syariah).

 

Jasa Pembuatan dan Maintenance Website Murah

Tinggalkan Balasan

Jasa Pembuatan Website Gratis