Scroll untuk baca artikel
Jasa Pembuatan Website dan Jasa Maintenance Website Murah
BrebesDaerahJawa Tengah

Perkuat Pelatihan Kerja, Pemkab Brebes Siapkan Tenaga Kerja Terampil dan Berkualitas

73
×

Perkuat Pelatihan Kerja, Pemkab Brebes Siapkan Tenaga Kerja Terampil dan Berkualitas

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Brebes saat meninjau Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Anugerah Trikarya Utama, Kecamatan Tanjung

BREBES, Kabarnusa.id – Puluhan calon tenaga kerja dari berbagai daerah dilatih ketrampilan, agar menjadi tenaga kerja terampil yang siap pakai. Mereka dilatih untuk ditempatkan di berbagai perusahaan yang ada di Brebes.

Untuk mensuport para tenaga terampil tersebut, Penjabat Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Dinperinaker) Kabupaten Brebes, Plt Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag) Brebes, serta pejabat lainnya saat meninjau Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Anugerah Trikarya Utama, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, Jumat (8/3/2024).

Iwan menyampaikan, bahwa pelatihan ini dibiayai Pemerintah Kabupaten Brebes kerja bareng Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Anugerah Trikarya Utama. Gunanya untuk meningkatkan kualitas SDM yang handal serta menurunkan angka pengangguran khusunya di Kabupaten Brebes.

“Gunakan semaksimal mungkin kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, asah keahlian, kemampuan, serta keterampilan kalian semua di LPK ini. Hari ini kalian menjadi peserta di LPK ini, mungkin 5 atau 10 tahun, bahkan mungkin saja 3 tahun yang akan datang kalian semua akan terpilih menjadi tenaga kerja yang handal,” ungkap Iwan.

Bahkan bukan hanya di Brebes, Iwan menambahkan, bisa saja nanti bekerja dan berkarier di luar Kabupaten Brebes. Contohnya sudah banyak, orang Brebes yang sudah sukses di luar sana, jadi pengusaha, sampai ada juga yang jadi menteri.

“Buktikan pada orang tua kalian, saudara, dan seluruh warga Kabupaten Brebes bahwa kalian orang hebat,” support Iwan penuh semangat.

Iwan berpesan, terus giat asah kemampuan dan keterampilan selama pelatihan. Suatu saat nanti akan lebih mandiri, bisa memberi manfaat pada sesama serta orang lain. Tak kalah pentingnya adalah jangan pernah sombong atas apa yang sudah dimiliki setelah sukses nanti. Tularkan pengalaman, ilmu-ilmu yang sudah dikuasai agar lebih lebih bermanfaat untuk sesama.

Iwan menegaskan, Pemerintah Kabupaten Brebes terus mengupayakan untuk dapat menyiapkan tenaga kerja yang berkualitas, berdaya saing dan bersertifikat kompeten melalui pelatihan kerja.

Kepala Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Dinperinaker) Kabupaten Brebes Drs Warsito Eko Putro, mengaku bangga dengan minat generasi muda Brebes yang tekun menambah ketrampilan dalam menghadapi dunia kerja. Apalagi, Kabupaten Brebes membutuhkan tenaga kerja terampil sesuai dengan kompetensinya.

Warsito menerangkan, sebanyak 50 peserta ikut dalam pelaksanaan pelatihan yang dilaksanakan selama 3 minggu dan setelah itu akan mengikuti uji kompetensi kelulusan.

“Seiring industrialisasi di Brebes, Pemkab hadir untuk menyiapkan tenaga terampil sesuai kebutuhan perusahaan,” terangnya.

Adapun jenis pelatihan yang diberikan berupa menjahit garmen dan upper shoes. Mereka yang telah lulus direkomendasikan dan disalurkan keberbagai perusahaan yang ada di Brebes diantaranya ke PT SMJ, OSAGA, BIG, dan DAEHAN. (WB)

Tinggalkan Balasan

Jasa Pembuatan Website dan Jasa Maintenance Website Murah