Scroll untuk baca artikel
Jasa Maintenance Website Murah
BiografiSeni & Budaya

Sosok Binar Mutiara Yahya, Multitalenta Cilik dari Yogyakarta

58
×

Sosok Binar Mutiara Yahya, Multitalenta Cilik dari Yogyakarta

Sebarkan artikel ini
Next performance Binar Mutiara Yahya dalam perhelatan orchestra Jogja Violin Festival (Sumber : IG @jogviolinfest)

Di kotanya sendiri Yogyakarta, nama Binar Mutiara Yahya sudah tidak asing di dunia panggung dan festival anak-anak. Sejumlah prestasi baik lokal maupun nasional membuat murid kelas VII SMP Negeri 4 Pakem, Sleman tersebut selalu menjadi incaran para pencari bakat.

Terlahir dari pasangan yang penggiat seni, Binar panggilan akrabnya berada di tengah lingkungan kreatif khususnya seni pertunjukan. Dasar-dasar publik speaking diperolehnya dari Jogja Acting Studio (JAS), tempatnya belajar musik, drama dan menari. Sejak di bangku Sekolah Dasar, disitulah tempat Binar ditempa metal dan bakatnya hingga pencapaian saat ini.

Publik speaking sebagainya modal kepercayaan diri itulah yang membentuk Binar mudah bergaul dan hobi tampil di depan publik.

Sederet prestasi berhasil dicatatkan Binar menjadi rekam jejak pembuktian bakat multitalenta yang dimilikinya. Juara lomba baca Puisi tingkat SD/MI se Yogyakarta tahun 2020, berlanjut juara lomba Bertutur tahun 2021 di RRI Yogyakarta dan menjadi wakil DIY di tingkat Nasional dengan menyabet runner up. Peraih Apresiasi Seni dan Budaya Anak dari Gubernur DIY tahun 2022 ini juga sempat menjuarai MTQ pelajar se Kabupaten Sleman tahun 2023. Berlanjut dengan menjadi Runner-up lomba pidato Hari Anak Nasional Dikpora DIY. Sempat menjadi Nominasi Best Actress pada Festival Film KPK 2023 saat menjadi peran utama dalam film pendek “LOMA”

“Saya suka menghibur di depan banyak orang dengan pertunjukan apa saja. Makanya saya berusaha keras mempelajari semuanya untuk dipersembahkan kepada teman-teman Binar dimanapun” jelas Binar optimis saat ditanya awak media.

Kemampuan multitalenta tidak semua orang mampu menjalaninya, karena itu membutuhkan latihan keras secara benar dan intensif untuk memperoleh standar kualitas saat tampil. Tidak sedikit tim kreatif film nasional yang mengincar bakat acting, menyanyi dan publik speaking yang beriring dengan prestasi sekolah sosok Binar. Beberapa tawaran produksi film di luar kota Jogja untuk sementara waktu dihindarinya. Baginya sekolah tetap nomer satu, dan itu dibuktikannya dengan nilai pelajaran yang selalu masuk ranking di kelasnya.

Masuk sekolah unggulan di SMP Negeri 4 Pakem, Sleman Yogyakarta melalui jalur prestasi membuktikan Binar tetap fokus pada pelajaran sekolah di tengah kesibukannya mendalami dunia pertunjukkan.

“Binar ini mirip proses perjalanan karir artis Maudy Ayunda. Multitalenta sejak anak-anak namun bidang akademik juga mengkilat. Artis instan banyak, timbul dan tenggelam di tengah persaingan industri pertunjukkan. Jika dia intens dengan proses itu, maka tidak butuh waktu lama akan lahir artis nasional dari Jogja” komentar salah satu follower IG Binar di @binarmutiarayahyaa_

Bagi yang penasaran dengan performance Binar, saksikan di acara pertunjukan music Jogja Violin Festival di titik nol Jogja pada bulan Juni 2024 nanti. Binar menjadi salah satu penyanyi yang tampil diiringi musik orchestra, hasil seleksi dari ratusan bakat penyanyi anak-anak di Indonesia***

Jasa Pembuatan dan Maintenance Website Murah

Tinggalkan Balasan

Jasa Pembuatan Website Gratis