Scroll untuk baca berita
DaerahHeadlineJawa TengahPOLRISemarang

Satlantas Polrestabes Semarang Gelar Pasukan Dan Umumkan Sasaran Ops Zebra Candi 2024

308
×

Satlantas Polrestabes Semarang Gelar Pasukan Dan Umumkan Sasaran Ops Zebra Candi 2024

Sebarkan artikel ini

KABARNUSA.ID, SEMARANG || Tim liputan Kabarnusa News TV melaporkan langsung dari studio pusat kota Semarang, Propinsi Jawa Tengah terkait kegiatan apel gelar pasukan yang secara serentak dilakukan oleh Polri bersama TNI dan jajaran forkopimda diseluruh penjuru tanah air, secara khusus dari wilayah Jawa Tengah, tepatnya Polrestabes Semarang dari unit satlantas.

Dari hasil keterangan yang berhasil dihimpun oleh tim liputan Kabarnusa News TV bahwa apel gelar pasukan dilaksanakan Polrestabes Semarang dalam rangka kesiapan personel dalam pelaksanaan operasi zebra candi 2024 Kota Semarang, jelas Wiwit kepada awak media.

foto : Wakapolrestabes Semarang AKBP Wiwit Ari Wibisono menyematkan pita sebagai tanda dimulainya operasi candi 2024.(Red)

Selain itu, Operasi Zebra tahun ini digelar sepanjang dua pekan, tepatnya akan berakhir pada 27 Oktober 2024, Wakapolrestabes Semarang AKBP Wiwit Ari Wibisono selaku pimpinan apel gelar pasukan Ops Zebra menyampaikan penekanannya usai pelakasanaan seremoni pemasangan pita ke petugas tanda dimulainya Ops Zebra selama 14 hari, Senin (14/10/2024).

“Ops Zebra kali ini salah satunya untuk mendukung pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih serta mengajak masyarakat untuk lebih tertib berlalu lintas demi terwujudnya kamselcarlintas yang tertib dan aman” ujar Wakapolrestabes Semarang saat menjawab awak pertanyaan awak media Kabarnusa News TV terkait dengan adanya penekanan.

Selanjutnya, Pelaksanaan Ops Zebra kali ini pihak kepolisian ditekankan bisa melakukan tindakan dari penilangan maupun penyitaan, namun pihak kepolisian tetap mengutamakan edukasi kepada masyarakat secara preventif dan humanis, tambah Wiwit kepada wartawan.

foto : Wakapolrestabes Semarang AKBP Wiwit Ari Wibisono bersama Waka Kodim 0733/BS saat tinjau Randis yang dipakai untuk kegiatan ops candi 2024

Di lokasi yang sama, tim liputan media Kabarnusa News TV berhasil menghimpun keterangan dari Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Yunaldi dan Ia pun menambahkan bahwa petugas dilapangan akan melakukan SOP yang sudah ditentukan

“Preemtif 40 persen, Preventif 40 persen dan represif 20 persen. Tindakan pun kita utamakan tilang ETLE (Electronic Traffic LAw Enforcement), jadi tidak ada anggota razia di Jalan” ujarnya.

Meski tak boleh razia di jalan, anggota tetap bisa melakukan operasi secara dinamis. Ketika di jalan menjumpai pelanggaran kasat mata dan berujung pada fatalitas, maka petugas bisa melakukan tindakan tegas. Ada 199 personil Polrestabes Semarang yang terlibat operasi ini, terang Yunaldi, Kasatlantas Polrestabes Semarang.

Di pucuk kegiatan tersebut, Ia pun  mengungkapkan “Kita mengajak masyarakat tertib berlalu lintas. Sebelum bepergian, pastikan surat-surat lengkap” ujar dia kepada wartawan Kabarnusa News TV.

Berikut sasaran pioritas pelangagran Ops Zebra Candi 2024
1. Mengemudi dengan Melawan Arus lalu Lintas
2. Mengemudi Dibawah Pengaruh Alkohol
3. Menggunkan HP pada Saat Mengemudi
4. Pengendara dan Penumpang Tidak Menggunkan Helm SNI
5. Pengemudi dan Penumpang Depan Tanpa Sabuk Pengaman
6. Menerobos Traffic Light
7. Pengendara Motor Masih dibawah umur
8. Knalpot Tidak Sesuai Spesifikasi
9. Kendaraan yang menggunkan lampu isyarat (strobo)
10. Over dimension dan Over load (ODOL)

Sumber Berita : Humas Polrestabes Semarang

Reporter : Hesty

Jasa Pembuatan dan Maintenance Website Murah

Tinggalkan Balasan